Stiker Tahan Alkohol: Cocok Untuk Label Parfum

Tidak hanya produk makanan dan minuman yang membutuhkan label, botol parfum juga perlu diberi label untuk informasi merk dan spesifikasi parfum sekaligus mempercantik tampilan. Namun tahukah anda, bahwa stiker label parfum tidak sama dengan stiker label pada umumnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Stiker label produk umumnya dicetak menggunakan stiker berbahan dasar kertas (chromo) dan atau berbahan dasar plastik (vinyl). Keduanya mempunyai perbedaan mendasar yaitu: chromo tidak tahan air, vinyl tahan air. Untuk makanan siap saji, disarankan menggunakan stiker chromo agar lebih mudah disobek, sedangkan stiker vinyl lebih disarankan untuk cetak label makanan frozen atau minuman dingin, sehingga label tidak akan rusak meskipun terkena air dalam jangka waktu tertentu.

Lain dengan makanan atau minuman, penggunaan stiker label untuk botol parfum butuh perlakuan extra. Hal ini diperlukan karena stiker parfum berkemungkinan terkena alkohol dari parfum tersebut, yang dapat menyebabkan tinta print luntur. Stiker label parfum dicetak menggunakan stiker bahan vinyl, kemudian dilapisi laminasi glossy atau doff. Laminasi ini berfungsi melindungi tinta print sehingga tidak akan luntur jika terkena alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *